Honda
Jajaran produk global Honda saat ini terdiri dari Jazz, Civic, Accord, Insight, CR-V, CR-Z, Legend dan 2 versi dari model Odyssey, yakni 1 model khusus untuk pasar Amerika, dan satu lagi untuk pasar internasional. Fitur dan kelengkapan untuk tiap kendaraan Honda dapat berbeda tergantung dari negara dan terkadang hanya tersedia di region itu saja. Beberapa di antaranya adalah Honda Odyssey edisi khusus dan Ridgeline yang hanya tersedia di Amerika Utara. Beberapa model eksklusif lainnya adalah hatchback Honda Civic 5 pintu yang dijual di Eropa.
Honda dikenal dengan strateginya selalu menambahkan sedikit perbedaan dari para kompetitor. Produknya yang bertahan lama, seperti Honda Accord dan Civic, selalu menggunakan penggerak roda depan, sehingga menjadi tradisi Honda yang dikenal luas. Honda selalu memasangkan teknologi terbaru ke dalam produk-produknya, awalnya sebagai kelengkapan opsional, kemudian menjadi kelengkapan standar. Contohnya adalah rem anti terkunci (anti-lock breaking), power steering sensitif terhadap kecepatan, dan injeksi bahan bakar multi-port sejak awal 1980-an. Honda juga meluncurkan merek mewah pabrikan Jepang pertama di dunia yaitu Acura tahun 1986, mobil sport berbahan aluminium Honda NSX, dan teknologi pengaturan katup yang disebut VTEC.
Civic adalah salah satu produk mobil sedan yang dikembangkan dan diproduksi oleh Honda. Civic merupakan nama model mobil Jepang tertua kedua di Amerika Utara, setelah Toyota Corolla yang diperkenalkan tahun 1968. Honda Civic, bersama dengan Accord dan Prelude, adalah mobil-mobil Honda yang dijual di Amerika Utara sampai akhir tahun 1990-an, sampai kemudian mobil-mobil ini dikembangkan ulang. Melalui beberapa generasi, Civic berukuran semakin besar dan pasarnya terus meningkat dan saat ini menempati posisi di antara Jazz dan Accord dari segi penjualan. Honda juga memproduksi Honda Civic Hybrid, kendaraan listrik hibrida untuk bersaing dengan Toyota Prius. Produk hibridanya yang lain adalah Insight dan CR-Z.
Segmen truk pikap pertama Honda Ridgeline memenangkan Truck of the Year dari majalah Motor Trend tahun 2006. Pada tahun itu juga, Civic memenangkan Car of the Year dari majalah itu juga.
Simak komentar dari Mr. Takanobu Ito, President and CEO of Honda Motor Co., Ltd.: "The Honda Mobilio is the first model Honda has developed especially for the Indonesian market. Working closely with Honda operations here to study the unique needs of Indonesian customers, this Honda Mobilio will fulfill the dreams of Indonesian customers for an affordable family car featuring Honda's high standard of quality. We will continue to support the expansion of Honda business in Indonesia by introducing new products that meet the needs of our Indonesian customers."
Jadi memang benar bahwa Honda Mobilio memang secara khusus dikembangkan untuk pasar Indonesia dan Asia, dimana mereka bekerjasama untuk mempelajari kebutuhan dari pelanggan di Indonesia.
Seperti ditulis laman zigwheels.com, Selasa (28/1/2014) mobil dengan tujuh tempat duduk di dalam interior kabin yang luas ini dibekali dengan mesin 1.5-liter. Sistem transmisinya tersedia model manual dan Continuously Variable Transmission atau CVT. Tawaran kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang diwujudkan dalam dual airbags, rem ABS+EBD, dan diperlengkapi AC double blower.
Agar penumpang dan pengemudi lebih nyaman, tempat duduk bisa disesuaikan dengan sistem reclining yang membuat posisi kian enak. Dashboard Honda Mobilio didesain rendah agar penumpang dan pengemudi mendapatkan ruang pandang yang lebih luas.
Kelebihan lain yang ditawarkan mobil MPV ini adalah jarak antartempat duduk depan belakang yang longgar, sehingga kaki penumpang dengan tinggi badan 170 cm merasa tak terganggu. Anak-anak dianjurkan untuk duduk di bangku ketiga yang jauh lebih lega dengan jok sandaran punggung bisa disesuaikan kebutuhan penumpang.
Honda Mobilio berbasis Honda Brio namun lebih bertenaga karena dibekali dengan mesin 1.5-liter, sementara Brio bermesin 1.2-liter. "Mesin dan tenaga Honda Mobilio sudah disesuaikan untuk kendaraan berpenumpang tujuh orang," kata direktur pemasaran Honda Prospect Motor Jepang Jonfis Fandi. Sistem suspensinya memakai McPherson Struts di depan dan torsion beam di belakang. Honda mengatakan, Mobilio memang dikembangkan dari platform Honda Brio, sehingga wajar kalau begitu membuka pintunya, apa yang akan kita lihat dan rasakan di dalam kabinnya adalah nuansanya Honda Brio.
Mulai dari tatanan dashboard, meter clusternya, head unit, aliran sirkulasi pendingin kabin pun tak berbeda jauh dari Honda Brio. Hanya kalau diperhatikan lebih detail, setir sudah dilengkapi dengan tombol audio, juga tuas transmisi berbalut kulit yang lebih berkesan mewah, serta pedal bermotif aluminium yang sporty. Respon kemudi Mobilio ringan karena pemakaian sistem power steering elektrik yang sama seperti Brio. Menjelang dilempar ke pasar Indonesia, Honda Mobilio sempat diuji kelayakan di Active Safety Training Park di kawasan Sirkuit Motegi, Jepang.
Honda dikenal dengan strateginya selalu menambahkan sedikit perbedaan dari para kompetitor. Produknya yang bertahan lama, seperti Honda Accord dan Civic, selalu menggunakan penggerak roda depan, sehingga menjadi tradisi Honda yang dikenal luas. Honda selalu memasangkan teknologi terbaru ke dalam produk-produknya, awalnya sebagai kelengkapan opsional, kemudian menjadi kelengkapan standar. Contohnya adalah rem anti terkunci (anti-lock breaking), power steering sensitif terhadap kecepatan, dan injeksi bahan bakar multi-port sejak awal 1980-an. Honda juga meluncurkan merek mewah pabrikan Jepang pertama di dunia yaitu Acura tahun 1986, mobil sport berbahan aluminium Honda NSX, dan teknologi pengaturan katup yang disebut VTEC.
Civic adalah salah satu produk mobil sedan yang dikembangkan dan diproduksi oleh Honda. Civic merupakan nama model mobil Jepang tertua kedua di Amerika Utara, setelah Toyota Corolla yang diperkenalkan tahun 1968. Honda Civic, bersama dengan Accord dan Prelude, adalah mobil-mobil Honda yang dijual di Amerika Utara sampai akhir tahun 1990-an, sampai kemudian mobil-mobil ini dikembangkan ulang. Melalui beberapa generasi, Civic berukuran semakin besar dan pasarnya terus meningkat dan saat ini menempati posisi di antara Jazz dan Accord dari segi penjualan. Honda juga memproduksi Honda Civic Hybrid, kendaraan listrik hibrida untuk bersaing dengan Toyota Prius. Produk hibridanya yang lain adalah Insight dan CR-Z.
Segmen truk pikap pertama Honda Ridgeline memenangkan Truck of the Year dari majalah Motor Trend tahun 2006. Pada tahun itu juga, Civic memenangkan Car of the Year dari majalah itu juga.
Mobilio
Honda Mobilio adalah kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) yang dikembangkan secara ekslusif oleh Honda dan dijual di pasar Asia. Mobil cantik yang satu ini Honda Mobilio memang ditunggu-tunggu pasar Indonesia. Mobil ini pertama kali muncul di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar pada bulan September 2013. World Premiere dari Honda Mobilio pada tanggal 19 September 2013 dipresentasikan langsung oleh Mr Takanobu Ito yang menjabat sebagai President, CEO and Representative Executive Officer untuk Honda Motor Co.Ltd.Simak komentar dari Mr. Takanobu Ito, President and CEO of Honda Motor Co., Ltd.: "The Honda Mobilio is the first model Honda has developed especially for the Indonesian market. Working closely with Honda operations here to study the unique needs of Indonesian customers, this Honda Mobilio will fulfill the dreams of Indonesian customers for an affordable family car featuring Honda's high standard of quality. We will continue to support the expansion of Honda business in Indonesia by introducing new products that meet the needs of our Indonesian customers."
Jadi memang benar bahwa Honda Mobilio memang secara khusus dikembangkan untuk pasar Indonesia dan Asia, dimana mereka bekerjasama untuk mempelajari kebutuhan dari pelanggan di Indonesia.
Seperti ditulis laman zigwheels.com, Selasa (28/1/2014) mobil dengan tujuh tempat duduk di dalam interior kabin yang luas ini dibekali dengan mesin 1.5-liter. Sistem transmisinya tersedia model manual dan Continuously Variable Transmission atau CVT. Tawaran kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang diwujudkan dalam dual airbags, rem ABS+EBD, dan diperlengkapi AC double blower.
Agar penumpang dan pengemudi lebih nyaman, tempat duduk bisa disesuaikan dengan sistem reclining yang membuat posisi kian enak. Dashboard Honda Mobilio didesain rendah agar penumpang dan pengemudi mendapatkan ruang pandang yang lebih luas.
Kelebihan lain yang ditawarkan mobil MPV ini adalah jarak antartempat duduk depan belakang yang longgar, sehingga kaki penumpang dengan tinggi badan 170 cm merasa tak terganggu. Anak-anak dianjurkan untuk duduk di bangku ketiga yang jauh lebih lega dengan jok sandaran punggung bisa disesuaikan kebutuhan penumpang.
Honda Mobilio berbasis Honda Brio namun lebih bertenaga karena dibekali dengan mesin 1.5-liter, sementara Brio bermesin 1.2-liter. "Mesin dan tenaga Honda Mobilio sudah disesuaikan untuk kendaraan berpenumpang tujuh orang," kata direktur pemasaran Honda Prospect Motor Jepang Jonfis Fandi. Sistem suspensinya memakai McPherson Struts di depan dan torsion beam di belakang. Honda mengatakan, Mobilio memang dikembangkan dari platform Honda Brio, sehingga wajar kalau begitu membuka pintunya, apa yang akan kita lihat dan rasakan di dalam kabinnya adalah nuansanya Honda Brio.
Mulai dari tatanan dashboard, meter clusternya, head unit, aliran sirkulasi pendingin kabin pun tak berbeda jauh dari Honda Brio. Hanya kalau diperhatikan lebih detail, setir sudah dilengkapi dengan tombol audio, juga tuas transmisi berbalut kulit yang lebih berkesan mewah, serta pedal bermotif aluminium yang sporty. Respon kemudi Mobilio ringan karena pemakaian sistem power steering elektrik yang sama seperti Brio. Menjelang dilempar ke pasar Indonesia, Honda Mobilio sempat diuji kelayakan di Active Safety Training Park di kawasan Sirkuit Motegi, Jepang.
Referensi
- http://id.wikipedia.org/wiki/Honda
- http://www.infohondabalikpapan.com/2014/02/honda-mobilio-primadona-baru-kelas-mpv.html
- http://world.honda.com/news/2013/4130919Mobilio-Prototype-Indonesia-Motor-Show/
- http://mobil.otomotifnet.com/read/2013/09/30/344459/5/1/Yuk-Masuk-Kedalam-Kabin-Honda-Mobilio
0 komentar:
Posting Komentar