Honda Mobilio RS
Setelah perkenalan prototype Honda Mobilio yang diluncurkan pertama kali pada tanggal 19 September 2013 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), Honda kembali memperkenalkan varian tertinggi dari Low MPV besutannya di ajang yang sama pada tahun berikutnya, 2014, dan diberi nama Honda Mobilio RS. Varian baru ini tampak lebih mewah, dengan desain yang lebih sporty dan fitur-fitur tambahan yang canggih sehingga di klaim akan cocok untuk keluarga muda yang menginginkan segala kenyamanan dalam berkendara sekaligus penampilan yang futuristik.
Tingginya permintaan terhadap Mobilio terbukti dari angka penjualannya di semester pertama tahun ini yang cukup fantastis. Seperti dirilis di website Honda Prospect Motor, mobil MPV andalannya ini telah terjual sebanyak 35.550 unit dalam kurun waktu Januari hingga Mei 2014. Bahkan, di pabriknya yang berlokasi di Karawang - Jawa Barat, produksi Mobilio diperkirakan telah meningkat menjadi 500 unit setiap harinya. Lebih lanjut, mobil ini juga menyabet gelar Car of the Year 2014, di ajang Otomotif Awards 2014 yang dihelat pada bulan Maret lalu.
Dengan improvisasi di area eksterior maupun interior, pihak HPM optimis bahwa varian Mobilio RS ini akan lebih mendongkrak penjualan Honda di segmen Low MPV. Mobil ini diperkirakan akan menempati kelas khusus di hati para pecinta MPV tanah air, karena Honda Mobilio RS memadukan konsep sporty dan Low MPV dengan gaya yang elegan. Dengan tampilan barunya, MPV ini tampak lebih ‘ganteng’, berkat polesan dan improvisasi fitur di sektor eksterior.
Tampilan gagah dimulai dari pemanfaatan chrome grille dengan desain baru semakin memberikan kesan tangguh pada Honda Mobilio RS dan kisi-kisi yang lebih berani dan kentara, dilengkapi Projector Headlamp dengan dukungan lampu Daytime Running Lights (DRL). Desain lampu depan yang berubah dengan projector headlight dengan LED Light Guide layaknya pada mobil-mobil mewah. Pihak Honda mengklaim Mobilio RS merupakan model pertama di kelas MPV di Indonesia yang menggunakan projector headlight. Lampu DRL juga menjadi lampu LED yang paling disukai akhir-akhir ini. Menyala setiap mesin hidup dan menjadi rambu yang mengingatkan kendaraan sedang hidup dan berjalan. DRL dengan pencahayaan LED membuat penampilan mobil lebih luxury. Selain itu, lampu kabut dirancang dengan frame yang lebih besar, sehingga sisi sporty-nya semakin jelas dirasakan oleh yang melihat. Masih di area eksterior, mobil ini tampak lebih tangguh dibanding versi sebelumnya, berkat spoiler dan otot-otot bumper yang lebih kokoh.
Namun, tampilan di area interior juga tidak kalah mewahnya, terutama berkat dominasi warna hitam yang elegan, dengan aksen silver di beberapa bagian, seperti Chrome Air Ventilation. Mobil ini juga dilengkapi sebuah layar monitor LCD 6.1” inch yang berfungsi mempermudah navigasi, serta dilengkapi rear parking camera untuk kenyamanan pengemudi saat memarkir kendaraannya.
"Mobilio RS memang bukan (mengincar) segmen LMPV tapi murni MPV (multi-purpose vehicle)," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Jonfis Fandy di sela-sela uji kemudi mobil tersebut di Malang-Surabaya, akhir pekan lalu.
Harganya yang lebih mahal yaitu Rp 203,5 juta untuk transmisi manual dan Rp 214 juta untuk transmisi CVT (harga OTR Jakarta) dari varian sebelumnya, sebanding dengan penampilannya yang memang makin mewah. Untuk harga OTR Honda Mobilio di Bali adalah Rp 225.150.000 untuk versi Manual Transmission (MT), dan Rp 235.150.000,-.
"Honda Mobilio RS memberikan definisi baru untuk sebuah mobil MPV yang elegan," ujar Jonfis.
Fitur Berbeda dengan varian sebelumnya, tipe RS dipercantik dengan velg bertampilan layaknya mobil balap, berukuran 15 inci. Aura sporty juga tampak lewat penambahan berbagai Aero Kit lainnya seperti bumper depan dan belakang, side under spoiler dan tailgate spoiler. Selain itu ada roof moulding garnish dan exhaust pipe finisher.
Sementara itu pada interior, nuansa hitam pada jok kursi memberi kesan elegan, ditambah sentuhan warna silver pada chrome air ventilation, silver inner handle, dan chrome shift gear knob ring. Meski interior menjadi gelap, tidak membuat kabin terasa sempit. Dengan panjang 4.398 mm dan wheel base 2.650 mm, kabin Honda Mobilio RS terasa lapang. Apalagi kursi joknya sangat ergonomis yang membuat nyaman sepanjang perjalanan.
Selain penampilan yang sporty, mewah, dan elegan, Honda juga melengkapi fitur lain yang menambah beda RS dengan varian sebelumnya, antara lain tilt steering yang memudahkan penyesuaian posisi kemudi dan layar LCD meter yang keren untuk memberi informasi seketika mengenai konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh.
Tidak itu itu saja, untuk menunjang kenikmatan di kabin, Honda Mobilio RS juga dilengkapi sistem audio video layar sentuh 6,1 inci yang multiperangkat dalam format DVD, CD, MP3, WMA, serta USB, bahkan iPhone. Pengemudi juga dengan mudah dapat langsung mengatur fungsi audio tanpa harus melepas tangan dari roda kemudi karena tombol pengaturannya terdapat pada stir. Untuk menambah kejernihan suara audio, Mobilio RS dilengkapi dengan tweeter speaker di kiri dan kanan dekat pilar bagian depan.
Ada pula fitur lain seperti kamera pada bagian belakang untuk memudahkan saat parkir, serta sistem penguncian otomatis dengan menggunakan kecepatan (auto lock system by speed).
Dengan menggunakan mesin 1.500 cc berteknologi i-VTEC SOHC, 16 valve dan empat silinder, Honda Mobilio mampu menghasilkan tenaga sebesar 116 PS pada putaran mesin 6.600. Selama uji kemudi dari Malang ke Surabaya dengan menggunakan Mobilio RS bertransmisi otomatik (CVT), yang menempuh jarak kurang lebih 118 km, rata-rata konsumsi bahan bakar mobil tersebut mencapai 16,3 - 17,2 km/liter. Saat itu mobil dipacu dengan kecepatan rata2 40-60 km/jam, melewati jalan yang ramai dengan menggunakan jasa pengawalan polisi lalu lintas.
Malang hingga ke Surabaya pun akhirnya ditempuh dalam waktu sekitar dua jam. Meskipun demikian, tidak berarti mobil tersebut tidak bisa dipacu dengan kecepatan tinggi. Ketika di dalam tol menuju Bandara Djuanda, Honda Mobilio RS matik sempat dipacu dengan kecepatan 120-140 km/jam. Kendaraan tersebut tetap stabil dengan getaran yang minim. Namun bila anda pergi dengan keluarga, untuk apa membawa mobil dengan kecepatan tinggi kan?
Jika kehadiran Honda HRV diharapkan akan dapat menggebrak penjualan di segmen Low SUV dan All-New Honda Jazz di segmen city car, maka Mobilio RS merupakan senjata yang sama untuk segmen Low MPV, sekaligus melengkapi deretan 33 amunisi terampuh yang diboyong Honda Prospect Motor di ajang IIMS tahun ini. Seperti diketahui, MPV merupakan segmen dengan target pasar terluas di tanah air. Bisa diperkirakan bahwa Honda Mobilio RS akan memberikan kontribusi besar terhadap penjualan Honda di IIMS 2014 ini.
Dengan amunisi yang diboyongnya, Honda akan bersaing dengan percaya diri bersama para pesaing dari negerinya sendiri, khususnya Toyota, di segmen Low MPV. Bahkan, Pihak HPM berani memasang target penjualan hingga 5.000 unit selama bazaar otomotif terakbar di level Asia Tenggara ini. Angka ini tentunya bukan tanpa pertimbangan. Produsen asal Jepang ini menempati posisi ketiga dari segi penjualan, dan segmen MPV menjadi kontributor terbesar. Itulah sebabnya, Honda menghadirkan varian tertinggi Low MPV untuk membidik segmen ini lebih dalam lagi.
Varian baru Honda Mobilio RS tampak lebih mewah dan berkesan sporty. |
Tingginya permintaan terhadap Mobilio terbukti dari angka penjualannya di semester pertama tahun ini yang cukup fantastis. Seperti dirilis di website Honda Prospect Motor, mobil MPV andalannya ini telah terjual sebanyak 35.550 unit dalam kurun waktu Januari hingga Mei 2014. Bahkan, di pabriknya yang berlokasi di Karawang - Jawa Barat, produksi Mobilio diperkirakan telah meningkat menjadi 500 unit setiap harinya. Lebih lanjut, mobil ini juga menyabet gelar Car of the Year 2014, di ajang Otomotif Awards 2014 yang dihelat pada bulan Maret lalu.
Dengan improvisasi di area eksterior maupun interior, pihak HPM optimis bahwa varian Mobilio RS ini akan lebih mendongkrak penjualan Honda di segmen Low MPV. Mobil ini diperkirakan akan menempati kelas khusus di hati para pecinta MPV tanah air, karena Honda Mobilio RS memadukan konsep sporty dan Low MPV dengan gaya yang elegan. Dengan tampilan barunya, MPV ini tampak lebih ‘ganteng’, berkat polesan dan improvisasi fitur di sektor eksterior.
Tampilan gagah dimulai dari pemanfaatan chrome grille dengan desain baru semakin memberikan kesan tangguh pada Honda Mobilio RS dan kisi-kisi yang lebih berani dan kentara, dilengkapi Projector Headlamp dengan dukungan lampu Daytime Running Lights (DRL). Desain lampu depan yang berubah dengan projector headlight dengan LED Light Guide layaknya pada mobil-mobil mewah. Pihak Honda mengklaim Mobilio RS merupakan model pertama di kelas MPV di Indonesia yang menggunakan projector headlight. Lampu DRL juga menjadi lampu LED yang paling disukai akhir-akhir ini. Menyala setiap mesin hidup dan menjadi rambu yang mengingatkan kendaraan sedang hidup dan berjalan. DRL dengan pencahayaan LED membuat penampilan mobil lebih luxury. Selain itu, lampu kabut dirancang dengan frame yang lebih besar, sehingga sisi sporty-nya semakin jelas dirasakan oleh yang melihat. Masih di area eksterior, mobil ini tampak lebih tangguh dibanding versi sebelumnya, berkat spoiler dan otot-otot bumper yang lebih kokoh.
projector headlight dengan LED Light Guide menambah kesan mewah Mobilio. |
Namun, tampilan di area interior juga tidak kalah mewahnya, terutama berkat dominasi warna hitam yang elegan, dengan aksen silver di beberapa bagian, seperti Chrome Air Ventilation. Mobil ini juga dilengkapi sebuah layar monitor LCD 6.1” inch yang berfungsi mempermudah navigasi, serta dilengkapi rear parking camera untuk kenyamanan pengemudi saat memarkir kendaraannya.
"Mobilio RS memang bukan (mengincar) segmen LMPV tapi murni MPV (multi-purpose vehicle)," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Jonfis Fandy di sela-sela uji kemudi mobil tersebut di Malang-Surabaya, akhir pekan lalu.
Harganya yang lebih mahal yaitu Rp 203,5 juta untuk transmisi manual dan Rp 214 juta untuk transmisi CVT (harga OTR Jakarta) dari varian sebelumnya, sebanding dengan penampilannya yang memang makin mewah. Untuk harga OTR Honda Mobilio di Bali adalah Rp 225.150.000 untuk versi Manual Transmission (MT), dan Rp 235.150.000,-.
"Honda Mobilio RS memberikan definisi baru untuk sebuah mobil MPV yang elegan," ujar Jonfis.
Fitur Berbeda dengan varian sebelumnya, tipe RS dipercantik dengan velg bertampilan layaknya mobil balap, berukuran 15 inci. Aura sporty juga tampak lewat penambahan berbagai Aero Kit lainnya seperti bumper depan dan belakang, side under spoiler dan tailgate spoiler. Selain itu ada roof moulding garnish dan exhaust pipe finisher.
Sementara itu pada interior, nuansa hitam pada jok kursi memberi kesan elegan, ditambah sentuhan warna silver pada chrome air ventilation, silver inner handle, dan chrome shift gear knob ring. Meski interior menjadi gelap, tidak membuat kabin terasa sempit. Dengan panjang 4.398 mm dan wheel base 2.650 mm, kabin Honda Mobilio RS terasa lapang. Apalagi kursi joknya sangat ergonomis yang membuat nyaman sepanjang perjalanan.
Selain penampilan yang sporty, mewah, dan elegan, Honda juga melengkapi fitur lain yang menambah beda RS dengan varian sebelumnya, antara lain tilt steering yang memudahkan penyesuaian posisi kemudi dan layar LCD meter yang keren untuk memberi informasi seketika mengenai konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh.
Tidak itu itu saja, untuk menunjang kenikmatan di kabin, Honda Mobilio RS juga dilengkapi sistem audio video layar sentuh 6,1 inci yang multiperangkat dalam format DVD, CD, MP3, WMA, serta USB, bahkan iPhone. Pengemudi juga dengan mudah dapat langsung mengatur fungsi audio tanpa harus melepas tangan dari roda kemudi karena tombol pengaturannya terdapat pada stir. Untuk menambah kejernihan suara audio, Mobilio RS dilengkapi dengan tweeter speaker di kiri dan kanan dekat pilar bagian depan.
Suasana kabin Mobilio mirip Brio, tetapi dilengkapi dengan layar LCD 6.1" inch. |
Ada pula fitur lain seperti kamera pada bagian belakang untuk memudahkan saat parkir, serta sistem penguncian otomatis dengan menggunakan kecepatan (auto lock system by speed).
Dengan menggunakan mesin 1.500 cc berteknologi i-VTEC SOHC, 16 valve dan empat silinder, Honda Mobilio mampu menghasilkan tenaga sebesar 116 PS pada putaran mesin 6.600. Selama uji kemudi dari Malang ke Surabaya dengan menggunakan Mobilio RS bertransmisi otomatik (CVT), yang menempuh jarak kurang lebih 118 km, rata-rata konsumsi bahan bakar mobil tersebut mencapai 16,3 - 17,2 km/liter. Saat itu mobil dipacu dengan kecepatan rata2 40-60 km/jam, melewati jalan yang ramai dengan menggunakan jasa pengawalan polisi lalu lintas.
Mesin berkapasitas 1.500cc berteknologi i-VTEC SOHC mampu melaju hingga 140KMPJ |
Malang hingga ke Surabaya pun akhirnya ditempuh dalam waktu sekitar dua jam. Meskipun demikian, tidak berarti mobil tersebut tidak bisa dipacu dengan kecepatan tinggi. Ketika di dalam tol menuju Bandara Djuanda, Honda Mobilio RS matik sempat dipacu dengan kecepatan 120-140 km/jam. Kendaraan tersebut tetap stabil dengan getaran yang minim. Namun bila anda pergi dengan keluarga, untuk apa membawa mobil dengan kecepatan tinggi kan?
Tipe Mobilio RS Juga Hadir Pada IIMS 2014
Untuk menarik perhatian konsumen dan sebagai bentuk kebanggaan akan hadirnya Low MPV dengan kasta tertinggi dari Honda ini, Mobilio RS juga turut dihadirkan di ajang IIMS 2014. Honda memang berusaha memilih momentum pelepasan varian terbarunya ini kepada konsumen. Meskipun saat ini perhatian publik banyak disita oleh kehadiran Honda HRV yang merupakan perpaduan city car dan crossover, Mobilio RS tetap tidak kehilangan momentumnya di ajang pameran otomotif paling bergengsi di tanah air ini.Jika kehadiran Honda HRV diharapkan akan dapat menggebrak penjualan di segmen Low SUV dan All-New Honda Jazz di segmen city car, maka Mobilio RS merupakan senjata yang sama untuk segmen Low MPV, sekaligus melengkapi deretan 33 amunisi terampuh yang diboyong Honda Prospect Motor di ajang IIMS tahun ini. Seperti diketahui, MPV merupakan segmen dengan target pasar terluas di tanah air. Bisa diperkirakan bahwa Honda Mobilio RS akan memberikan kontribusi besar terhadap penjualan Honda di IIMS 2014 ini.
Dengan amunisi yang diboyongnya, Honda akan bersaing dengan percaya diri bersama para pesaing dari negerinya sendiri, khususnya Toyota, di segmen Low MPV. Bahkan, Pihak HPM berani memasang target penjualan hingga 5.000 unit selama bazaar otomotif terakbar di level Asia Tenggara ini. Angka ini tentunya bukan tanpa pertimbangan. Produsen asal Jepang ini menempati posisi ketiga dari segi penjualan, dan segmen MPV menjadi kontributor terbesar. Itulah sebabnya, Honda menghadirkan varian tertinggi Low MPV untuk membidik segmen ini lebih dalam lagi.
Referensi
- http://forum.kompas.com/otomotif-umum/336864-honda-mobilio-rs-jadi-varian-tertinggi-low-mpv-honda.html
- http://otomotif.antaranews.com/berita/449220/mobilio-rs-mobil-elegan-buat-keluarga-kecil
0 komentar:
Posting Komentar